2014-05-03

0

Mengatasi Touchpad yang Tidak Bekerja pada Linux

 
1:19:00 AM
Assalamu'alaikum wr.wb
Sebagai perwujudan dari rasa bangga ku dengan linux, sehabis dibeliin laptop oleh babeh gue 2 minggu yang lalu :D , aku langsung berpikiran untuk menginstal linux. Awalnya aku pilih ubuntu 12.04.1 LTS, tetapi aku kurang nyaman dengannya. Dan akhirnya aku pilih Linux Mint 13 "maya" dengan dekstop KDE. Hal itu bukan tanpa alasan, disamping keren dalam tampilannya, Linux Mint juga sangat cocok dengan pengguna yang awam seperti saya :D .

Cukup Basa-Basinya :D
Masalah ini awalnya cukup membuat aku frustasi, berbagai tutorial telah aku coba tapi hasilnya nihil :( , tetapi dengan perjuangan untuk bisa akhirnya aku temukan tutorial yang ampuh dan efektif. Tutorial ini bersumber dari blog millik walidumar. Dalam blognya, tertulis "Solusi masalah touchpad tidak berfungsi pada ubuntu" tetapi pada kenyataanya hal ini juga dapat diterapkan pada Linux Mint 13. Hal ini karena Linux Mint itu sendiri merupakan turunan dari Ubuntu.
#more info? contact para masta :D

Capcus, langsung ke solusinya.
Pertama, buka Terminal lalu ketikkan perintah berikut:
$sudo modprobe -r psmouse
 lalu
$sudo modprobe psmouse proto=imps
berdasarkan pada konfigurasi diatas secara otomatis touchpad akan bekerja kembali, akan tetapi perintah diatas hanya berlaku pada saat system aktif, setelah system restart maka akan kembali seperti semula, anda perlu menjalankan perintah berikut, edit file modprobe.d  : 
$sudo nano/etc/modprobe.d/options
 maka akan mucul tampilan berikut:


Tambahkan kata berikut:
options psmouse proto=imps

(tambahkan: options psmouse proto=imps)

lalu ctrl+x maka akan ada tampilan/perintah untuk nge-save, lihat gambar di bawah!


tambahkan kata berikut setelah /etc/modprobe.d/options
.conf
sehingga file menjadi /etc/modprobe.d/options.conf
lalu enter. 

sumber : http://w1npack.blogspot.com